Cara Menghilangkan Virus Shortcut secara Total dan Pemanen

Virus shortcut seringkali muncul dan mengganggu file-file yang ada di dalam computer ataupun flashdisk. Kini Anda tidak perlu risau karena cara menghilangkan virus shortcut ini dapat diterapkan dengan mudah.

1. Gunakan antivirus
Terdapat berbagai macam antivirus seperti SMADAV, Avira dan sebagainya. Kesemua anti virus tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis hanya dengan mengunduhnya secara bebas di Internet. Tapi ada pula versi pro yang mana bisa didapatkan hanya dengan membelinya.  Fungsi antivirus sendiri untuk menghapus file yang terdeteksi terserang virus dan sebagai penangkal apabila ada disk lain yang masuk ke laptop, menjaga laptop atau computer dari serangan virus. Sebaiknya selektiflah dalam memilih antivirus.

2. Lakukan proses penyecanan
Scanning atau penyecanan sangat dibutuhkan untuk menjaga computer atau laptop tetap bersih dari virus. Ada beberapa proses scanning yang dapat Anda pilih yaitu quick scanning dan full scanning. Sebaiknya pilih full scanning karena cara ini akan membersihkan semua drive pada laptop atau computer. Meskipun begitu sangat membutuhkan waktu yang lama, tergantung pada besarnya file yang tersimpan pada hardisk. Anda tidak perlu khawatir, file Anda tidak akan hilang. Sebenarnya virus ini hanya menyembunyikan file, bukan menghilangkannya.

gambar cara menghilangkan virus shortcut
File yang terinfeksi virus shortcut

3. Menghapus bekas file
Cara menghilangkan virus shortcut di komputer ini sangat mudah. Setelah di scan, computer dalam keadaan bersih namun biasanya masih terdapat file shortcut yang tertinggal. Pertama pastikan dimana letak file shortcut tersebut, kemudian pilih file shortcut tersebut dan klik kanan, pilih hapus (delete), atau setelah dipilih tekan tombol delete pada keyboard.

4. Dengan perintah Command Prompt
Tidak jarang virus shortcut sulit dihilangkan dengan muncul secara terus menerus meski sudah dibersihkan. Ada baiknya Anda mencoba cara menghilangkan virus shortcut ini. Tentukan drive mana yang akan Anda bersihkan. Jika yang hendak Anda bersihkan berupa flashdisk maka masukkan terlebih dahulu flashdisknya kemudian klik kanan pada mouse dan pilih run atau cara singkatnya dengan menekan tombol windows pada keyboard secara bersamaan dengan huruf R. Kemudian masukkan CMD pada kotak yang muncul dan ketik tekan enter. 

Cara menghilangkan virus shortcut dengan CMD paling ampuh. Jika jendela command prompt sudah terbuka, Anda bisa memasukkan drive F atau flashdisk yang hendak dibersihkan. Setelah itu bersihkan bekas file shortcut dengan delete pada keyboard. Setelah virus sudah hilang maka kini saatnya Anda menampilkan file yang disembunyikan yaitu dengan mengubah atributnya menjadi standar atau normal. Masih pada kotak CMD program tadi, ketikkan driver yang kita bersihkan dan tekan enter. Selanjutnya tunggulah sampai proses atribut hingga selesai dan kembalilah pada mode normal.

Inilah cara menghilangkan virus shortcut dengan efektif agar komputer Anda tidak mengandung virus yang berbahaya lagi.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut secara Total dan Pemanen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ardiyansarutobi