Sejarah dan harga Sepeda Ontel Di Indonesia

Sepeda ontel - Jika mendengar kata sepeda ontel pasti Anda akan membayangkan sepeda kuno yang antik. Namun, tahukah Anda sepeda ontel di masa penjajahan sampai awal kemerdekaan Indonesia merupakan salah satu moda transportasi yang banyak digunakan. Pada zaman penjajahan para petinggi Belanda biasanya menggunakan sepeda ontel. Keberadaan sepeda ontel pada saat itu termasuk kendaraan mewah yang hanya orang Belanda atau orang kaya pribumi saja yang bisa memilikinya. Namun sekarang sepeda ontel menjadi salah satu sepeda yang mulai terlupakan karena sudah banyak bermunculan sepeda dengan model yang lebih ramping dan lebih mudah untuk digunakan.

Keberadaan sepeda ontel di Indonesia sekarang ini memang masih cukup banyak digunakan oleh orang pedesaan. Sepeda ontel sekarang tidak menjadi moda transportasi lagi tapi banyak dijadikan koleksi oleh pencinta sepeda ontel. Ontel yang dikoleksi kebanyakan adalah sepeda ontel asli buatan Eropa. Kualitas sepeda ontel asli Eropa memang lebih bagus dibandingkan dengan sepeda ontel yang diproduksi di Indonesia. Sepeda ontel asli dari Eropa di Indonesia keberadaannya semakin berkurang dibandingkan ketika masih berjaya di tahun 1920-an. Di tahun tersebut, sepeda ontel asli Eropa sangatlah terkenal dan diburu oleh banyak orang.

Sejarah Sepeda Ontel di Indonesia

gambar sepeda ontel

Keberadaan sepeda ontel di Indonesia tidak terlepas dari penjajahan Belanda yang berlangsung selama kurang lebih 200 tahun. Sepeda ontel mulai masuk ke Indonesia sejak sebelum perang dunia pertama. Pada saat itu, sepeda ontel mulai diproduksi di Eropa dan dipasarkan di berbagai negara termasuk Indonesia yang pada saat itu masih tergolong negara bagian dari Belanda. Pemasaran sepeda ontel dari Eropa sangat lancar karena Belanda sebagai negara penjajah dengan leluasa memberikan izin perdagangan sepeda di Indonesia. Ada banyak merek sepeda ontel yang masuk ke Indonesia pada saat itu, di antaranya yaitu Simplex, Gezelle, Veeno, Humber, Raleigh, dan berbagai merek lainnya.


Pada masa kejayaannya sepeda ontel banyak digunakan, terutama oleh kaum priyayi dan kalangan orang-orang Belanda. Sepeda ontel menjadi simbol bahwa orang yang mengendarainya adalah orang kaya ataupun kaum terpandang. Masa kejayaan sepeda ontel di Indonesia mulai surut ketika Jepang berhasil mengalahkan Belanda di Indonesia. Jepang melarang semua kendaraan transportasi termasuk sepeda produksi Eropa untuk digunakan. Setelah Indonesia merdeka dan Jepang kalah, sepeda ontel dari Eropa pun mulai banyak digunakan kembali.

Harga Sepeda Ontel Berdasarkan Merknya

gambar sepeda ontel 2

Di Indonesia, keberadaan sepeda ontel asli buatan Eropa masih banyak dicari untuk dijadikan koleksi. Berikut ini beberapa merek dan harga sepeda ontel asli buatan Eropa:

1. Veeno
Sepeda ontel merek Veeno merupakan sepeda ontel yang cukup mahal di Indonesia. Harganya bisa mencapai 5 juta rupiah.

2. Simplex
Sepeda ontel merek simpleks juga termasuk mahal karena terbuat dari besi dan tidak mudah rusak.


3. Gezzelle
Banyak orang yang percaya bahwa sepeda ontel merek Gezzelle adalah yang paling mahal karena pada salah satu sparepartnya terbuat dari emas.

4. Batavus
Di zaman dulu sepeda ontel Batavus sangat terkenal dan banyak digunakan oleh pejabat-pejabat pada waktu itu.

5. Fongers
Termasuk sepeda buatan Jerman yang awet dan tahan lama. Sekarang ini harga dari sepeda ontel merek Fongers cukup murah dibandingkan yang lainnya.

6. Raleigh
Sepeda ontel ini mempunyai desain yang elegan dan harganya juga termasuk mahal untuk ukuran sepeda ontel unik.

7. Sparta
Merek sepeda ontel ini sudah ada sejak 1920 dan menjadi sepeda yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Semua merek sepeda ontel asli Eropa ini semakin sulit untuk ditemukan karena keberadaannya yang sudah sangat langka. Biasanya jika barang ada, maka harga dari setiap merek sepeda ontel ini cenderung mahal. Harganya pun bisa mencapai jutaan rupiah untuk sepeda ontel asli Eropa. Namun jika Anda mencari sepeda ontel yang murah, maka sepeda ontel rakitan Indonesia bisa menjadi pilihan. Harga dari sepeda ontel Indonesia ini cenderung murah dan tidak sampai satu juta rupiah.