Berbagai Ukuran Ban Sepeda Motor Sesuai Standar Pabrikan Motor

Ukuran ban sepeda motor - Mungkin untuk sebagian orang penggunaan ban masih sering diabaikan. Padahal performa sepeda motor ini akan berpengaruh dari penggunaan ban yang sesuai. Untuk penggunaan ban sendiri memang sudah disesuaikan dengan kebutuhan mesin, optimalisasi dan fungsi kendaraan. Jadi jika Anda mengubah ban yang kurang sesuai dengan ukuran aslinya tentu akan membuat kendaraan Anda juga akan mengalami performa yang kurang maksimal. 

Menggunakan ban yang diperbesar atau yang diperkecil yang berbeda dengan ukuran aslinya tentunya akan membahayakan jika tidak mengganti penggunaan pelek. Karena dengan penggunaan pelek yang kurang sesuai dengan ukuran ban tentu saja akan membuat kendaraan Anda menjadi tidak lancar ketika digunakan. Terlebih lagi penggunaan pelek dan ukuran yang berbeda akan membuat ban akan terlihat lebih tinggi sehingga jika digunakan akan memiliki risiko selip. 

Pabrikan sepeda motor sendiri tentunya sudah mengantisipasi adanya penggunaan ban ini. Karena sudah disesuaikan dengan model pabrik lebih baik memang tidak perlu mengganti ukuran ban karena jika penggantian ban ini tidak tepat justru akan membahayakan Anda. Karena masing-masing sepeda motor ini sudah memiliki aturan yang digunakan untuk menggunakan ban yang sesuai dengan aturan pabrik. 

Daftar Ukuran Ban Yang Sesuai Standar Pabrik

Berikut ini adalah tiga pabrik besar yaitu Suzuki, Honda dan juga Yamaha yang memiliki ukuran standar tentang penggunaan ban depan dan juga ban belakang. Berikut ini adalah beberapa ukuran ban yang disesuaikan dengan ukuran pabrik untuk ban depan maupun ban belakang:

baca juga : top 5 leasing terbaik di Indonesia
mobil-mobil dengan kecepatan mengagumkan
harga GPS navigasi dan GPS Tracker
Harga ban FDR khusus tubeless
harga ban IRC jenis tubeless
spesifikasi dan harga Polygon Monarch 2.0

Yamaha 
Untuk pabrikan Yamaha ini hampir untuk model sepeda motornya menggunakan ukuran ban depan yang memiliki selisih yang tidak jauh berbeda. Untuk model Yamaha Mio ini penggunaan ban depan menggunakan ukuran 70/90 – 14 NF 59 dan ukuran ban belakang adalah 80/90 – 14 NR 76. Ukuran ban ini juga akan berbeda dengan model Yamaha Traill yang menggunakan ukuran ban depan 2.75 – 19 TR dan penggunaan ban belakang dengan ukuran 3.00 – 18 T. 

Honda
Untuk penggunaan model Vario, Beat dan Scoopy, penggunaan ban depan maupun ban belakang memiliki kemiripan. Untuk ban depan menggunakan ukuran 80/90 – 14 NR 80 TL yang memang dikhususkan untuk motor matic. Ban belakang untuk ketiga model motor matic ini adalah 90/80 – 14 NR 80 TL. Untuk motor Honda Mega Pro sendiri penggunaan ban depan menggunakan ukuran 2.75 – 18 NF 25 dan penggunaan ban belakang adalah 300 – 18 NR 25.

baca : harga sepeda Polygon Premier 3.0
spesifikasi dan harga Polygon Premier 4.0
Sepeda Polygon tipe Xtrada 5.0
harga-harga sepeda gunung United

Suzuki 
Untuk Pabrik Suzuki ini memiliki standar ukuran ban depan yang memiliki ukuran 70/90 – 14 NF 15 untuk sepeda motor Spin. Sedangkan untuk ukuran ban belakang adalah 90/80 – 14 NR 76. Tentunya untuk sepeda motor yang lain akan mengalami perbedaan yang disesuaikan dengan kapasitas motor tersebut. Untuk motor Suzuki yang modelnya adalah Thunder 125 menggunakan ban depan dengan ukuran 80/90 – 17 NR 57 dan ban belakang dengan  ukuran 90/90 – 18 NR 57. 

Berbagai macam ukuran ban motor memang sudah disesuaikan oleh pabrikan sepeda motor. Jika Anda ingin memodifikasi ban motor Anda mungkin sebaiknya dapat dilakukan dengan menaikkan satu level ukuran ban motor Anda. Jika ingin dilebihkan sebaiknya mengganti pelek sekalian agar ketika berkendara dapat lebih merasa aman dan juga nyaman.